Rabu, 05 Juni 2013

Cara Mengantisipasi Glaukoma

Glaukoma adalah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung. Penyakit ini secara bertahap menyebabkan penglihatan mata makin lama makin berkurang, sehingga akhirnya mata menjadi buta. Bagaimana cara mengantisipasi dan meringankan penyakit glaukoma ini??


Glaukoma disebabkan Karena saluran cairan yang keluar dari bola mata tersumbat, sehingga bola mata membesar. Pembesaran bola mata ini membuat menekan saraf mata yang berada dibelakan bola mata. Akibatnya, saraf mata tidak mendapatkan aliran darah sehingga saraf mata tidak berfungsi.

Gloukoma bisa menyebabkan kehilangan penglihatan / kebutaan. Jika ada infeksi mata atau kehilangan penglihatan, datangi dokter sesegera mungkin untuk mencegh komplikasi. Gloukoma memang tidak bisa disembuhkan. Kerusakan tidak bisa dikembalikan tetapi bisa dikendalikan dengan beberapa perawatan serta mengubah gaya hidup. Terkadang dokter meresepkan obat gabungan, seperti beta blocker dan agonis alpha adrenergic, atau beta blocker dan inhibitor anhydrase karbonat. Obat ini dapat menyebabkan efek samping termasuk sering buang air kecil. Sensasi kesemutan di jari tangan, kaki, depresi, sakit perut

Beberapa langkah untuk mengantipasi Glaukoma:
Hindari minuman apapun dengan kafein yang jumlahnya berlebihan. Karena kopi yg berkafein bisa meningkatkan tekanan. Selain kopi, alkohol juga harus dihindari, karena menyempitkan pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Hal ini membuat tubuh sulit mengalirkan cairan dari mata.
Latihan aerobik dan peregangan otot ternyata juga bisa menurunkan tekanan mata. Demikian juga dengan latihan isometrik menekan otot dan menahannya dalam waktu tertentu. Berolahraga setidaknya selama 40 menit, tiga kali dalam seminggu menjadi kebiasaan yang baik mengurangi tekanan mata.

Untuk glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup, olahraga dapat bermanfaat. Tetapi olahraga berat justru bisa memperparah pigmen glaukoma, suatu bentuk sekunder glaukoma oleh faktor lain seperti diabetes atau cedera.
Menurut Mayo Clinic, posisi yoga dengan kepala di bawah harus dihindari karena meningkatkan aliran darah ke kepala.
Mencoba akupuntur sebagai teknik lain mengatasi glaukoma. Akupuntur tidak menurunkan tekanan mata, namun para peneliti menunjukkan cara itu yang dapat meningkatkan akurasi pengingkatan sentral. Akupuntur melibatkan keyakinan memindahkan aliran energi kehidupan prana (chi) dalam tubuh bisa membantu menyembuhkan penyakit. Acupuncturist akan mencoba menyeimbangkan energi ke mata.
Akupuntur dapat membantu meringankan beberapa gejala glaukoma. Namun belum pernah terbukti bisa menyebuhkan tekanan mata, penyebab utama glaukoma.

Bisa menjaga tingkat strees tetap rendah, agar bisa mengurangi tekanan dimata. Penderita glaukoma harus menghindari mata lelah dengan membaca atau menonton televisi terlalu banyak.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber terpercaya.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Just For Share - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz